Pengertian Manajemen Dan Fungsi Manajemen
– POSTED ON JULY 22,
2013
Pengertian
Manajemen Dan Fungsi Manajemen - Dunia pendidikan maupun dunia kerja tentu membutuhkan
pengetahuan tentang Manajemen secara detail dari perngertian Manajemen dan
fungsi Manajemen serta mengenai pengetahuan Manajemen lainnya, untuk
itu dibawah ini terdapat ulasan mengenai apa itu Manajemen ? dan
fungsi Manajemen! itu sendiri serta pengertian manajemen
menurut para ahli
Pengertian Manajemen
Pengertian Manajemen
Adalah Manajemen dapat
diartikan sebagai suatu kegiatan yang memiliki target dan tujuan dengan
menggunakan perencanaan, pengarahan serta pengorganisasian dalam mencapai
tujuan tersebut, Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno
ménagement, yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur.” Manajemen
belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal
Pengertian Manajemen
Menurut Para Ahli:
·
Menurut Mary Parker Follet Manajemen Adalah sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui
orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan
mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi
·
Menurut Ricky W. Griffin Manajemen Adalah sebagai sebuah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai
sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai
sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada
dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal
·
Menurut Drs. Oey Liang Lee Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian,
penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
·
Menurut Prof. Eiji Ogawa Manajemen adalah Perencanaan, Pengimplementasian dan Pengendalian
kegiatan-kegiatan termasuk system pembuatan barang yang dilakukan oleh
organisasi usaha dengan terlebih dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk
kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.
Fungsi manajemen :
Fungsi
manajemen adalah elemen-elemen dasar
yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan
acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi
manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis bernama
Henry Fayol pada awal abad ke-20. Ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi
manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan
mengendalikan. Namun saat ini, kelima fungsi tersebut telah diringkas menjadi
tiga, yaitu:
1. Perencanaan (planning)
adalah memikirkan apa yang
akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk
menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi
tujuan itu
2. Pengorganisasian
(organizing) dilakukan dengan
tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil.
Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan
orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas yang telah dibagi-bagi
3. Pengarahan (directing)
adalah suatu tindakan untuk
mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai
dengan perencanaan manajerial dan usaha.
Nah demikianlah ulasan
mengenai pengetahuan dalam Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
dan Fungsi Manajemen semoga dapat
bermanfaat dan terimakasih sudah mampir
pengertian manajemen
fungsi manajemen Pengertian managemen fungsi manajemen menurut para ahli
pengertian menejemen
Riyanto Blog
Fungsi-fungsi Manajemen
Berikut adl lima fungsi manajemen yg paling penting menurut Handoko
(2000:21) yg berasal dari klasifikasi paling awal dari fungsi-fungsi manajerial
menurut Henri Fayol yaitu:
Planning
Planning atau
perencanaan merupakan pemilihan atau penetapan tujuan-tujuan organisasi dan penentuan strategi kebijaksanaan
proyek program prosedur metode sistem anggaran dan standar yg dibutuhkan utk
mencapai tujuan.
Organizing
Organizing atau
pengorganisasian ini meliputi:
- Penentuan
sumber daya-sumber daya dan kegiatan-kegiatan yg dibutuhkan utk mencapai
tujuan organisasi.
- Perancangan
dan pengembangan suatu organisasi atau kelompok kerja yg akan dapat
membawa hal-hal tersebut ke arah tujuan.
- Penugasan
tanggung jawab tertentu
- Pendelegasian
wewenang yg diperlukan kepada individu-individu utk melaksanakan tugasnya.
Staffing
Staffing atau
penyusunan personalia adl penarikan (recruitment)
latihan dan pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi pada karyawan
dalam lingkungan kerja yg menguntungkan dan produktif.
Leading
Leading atau
fungsi pengarahan adl bagaimana membuat atau mendapatkan para karyawan
melakukan apa yg diinginkan dan harus mereka lakukan.
Controlling
Controlling atau
pengawasan adl penemuan dan penerapan cara dan alat utk menjamin bahwa rencana
telah dilaksanakan sesuai dgn yg telah ditetapkan.
Daft (2003:6) membagi manajemen menjadi empat fungsi saja berikut
penjelasannya:
- Planning merupakan fungsi manajemen
yg berkenaan dgn pendefinisian sasaran utk kinerja organisasi di masa
depan dan utk memutuskan tugas-tugas dan sumber daya-sumber daya yg
digunakan yg dibutuhkan utk mencapai sasaran tersebut.
- Organizing merupakan fungsi manajemen
yg berkenaan dgn penugasan mengelompokkan tugas-tugas ke dalam
departemen-departemen dan mengalokasikan sumber daya ke departemen.
- Leading fungsi manajemen yg
berkenaan dgn bagaimana menggunakan pengaruh utk memotivasi karyawan dalam
mencapai sasaran organisasi.
- Controlling fungsi manajemen yg
berkenaan dgn pengawasan terhadap aktivitas karyawan menjaga organisasi
agar tetap berada pada jalur yg sesuai dgn sasaran dan melakukan koreksi
apabila diperlukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar