Manager sering
melakukan kesalahan yang sama. Para manager selalu memulai kegiatan-kegiatan
dan membuat keputusan-keputusan tanpa menetapkan suatu kerangka tujuannya
terlebih dahulu, diman hal ini sangat penting untuk mengarahkan pembuatan
keputusan dalam organisasi. Tujuan itu sendiri adalah hasil akhir atau segala
sesuatu yang akan dicapai dan harus di raih. Setiap tujuan kegiatan-kegiatan
tersebut dapat juga disebut sebagai sasaran atau target.
Sebelum kita
menentukan tujuan dalan suatu organisasi, kita harus menetapkan misi organisasi
terlebih dahulu. Misi adalah suatu pernyataan umum dan abadi akan maksud
organisasi, misi organisasi adalah maksud khusus dan mendasar yang membedakan
suatu organisasi dengan organisasi lain.
Setelah menetapkan
misi organisasi baru kita menetapkan tujuan organisasi. Tujuan organisasi
adalah suatu pernyataan yuang kuat tentang keadaan yang diingankan dimana
organisasi tersebut bermaskud untuk merealisasikannya menjadi kenyataan.
Fungsi Tujuan dalam
Organisasi
Konsep tujuan
organisasi di pandang secara luas mempunyai beberapa fungsi penting yang
bervariasi menurut waktu dan keadaan. Berbagai fungsi tujuan antara lain sebagi
berikut :
1. Patokan Bagi Kegiatan bagi kegiatan-kegiatan
yang ada dalam organisasi, melalui penggambaran hasil-hasil di waktu yang akan
datang. Fungsi tujuan memberikan arah dan pemusatan kegiatan organisasi
mengenai apa yang harus dan tidak harus dilakukan
2. Sumber Legitimasi dengan meningkatkan
kemampuan kegiatan-kegiatan yang dilakukan, berguna untuk meningkatkan
kemampuan organisasi untuk mendapatkansumber daya dan dukungan dari lingkungan
di sekitarnya
4. Sumber Motivasi untuk mendorong
anggota lainnya dalam melaksanakan tugasnya, misalnya dengan memberikan
intensif bagi anggota yang melaksanakan tugasnya dengan baik, menghasilkan
produk di atas standar dan lain sebagainya yang akhirnya dapat mendorong para
anggota lainnya.
5. Dasar Rasional Pengorganisasian, tujuan
organisasi merupakan suatu dasar perancangan organisasi yang saling
berinteraksi dalam kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan.
Fungsi perumusan
strategi dalam organisasi sering juga mengguna istilah “grand strategy”,
diantaranya adalah perumusan visi, misi, tujuan (objective), kebijakan
(policy), dan strategi, serta perencanaan tentang bagaimana pengorganisasian
(organization planning) seluruh kegiatan dalam menjalankan strategi tersebut.
Organization Planning
memberikan arahan kepada setiap awak organisasi, kemana organisasi akan dibawa
di masa yang akan datang. Ditinjau secara hirarki, fungsi ini berada pada
tingkatan tertinggi. Prosesnya memerlukan pemahaman yang mendalam serta
analisis yang cermat dan cerdas tentang berbagai perkembangan kondisi
lingkungan strategis, seperti perkembangan teknologi, ekonomi sosial budaya,
politik, bahkan bagi beberapa organisasi diperlukan kajian tentang sejarah di
masa silam. Permasalahan yang dihadapi sangat kompleks dan dinamis, sehingga
penuh ketidakpastian, namun harus dapat dikenali secara cerdas untuk mengurangi
tingkat ketidakpastian tadi. Untuk itu diperlukan personil yang memiliki daya
abstraksi kuat, kemampuan yang solid dalam melakukan analisis terhadap
perkembangan lingkungan strategik, serta melakukan sintesa terhadap
perkembangan iptek. Tujuan utama dari penyelengaraan ini adalah tercapainya
tujuan secara efektif. (FITRIANI MUSLIMAH/12115161/12.2A.14)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar